A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

Infografis dan cara mudah membuatnya

Infografis dan cara mudah membuatnya

Home   /   Blog   /   Infografis dan cara mudah membuatnya

Infografis dan cara mudah membuatnya

  • Infografis dan cara mudah membuatnya

Infografis berasal dari kata Infographics dalam Bahasa Inggris yang merupakan singkatan dari Information + Graphics adalah bentuk visualisasi data yang menyampaikan informasi kompleks kepada pembaca agar dapat dipahami dengan lebih mudah dan cepat.

Proses pembuatan infografis disebut data-visualization, information design, atau information architecture. Menyampaikan informasi secara visual juga sudah dikenal sejak lama, seperti pada zaman manusia purba dimana banyak terdapat lukisan di dalam gua yang menggambarkan suatu kejadian. Peneliti mengatakan bahwa penyampaian informasi secara visual memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan teks, karena manusia dapat jauh lebih cepat menangkap informasi yang disampaikan. Salah satu alasannya adalah informasi yang ditangkap secara visual akan diproses sekaligus oleh otak, berbeda dengan informasi yang disampaikan via teks, dimana informasi akan diproses secara linear (dari awal kalimat hingga ke ujung kalimat).

Infografis memiliki banyak manfaat untuk penyampaian informasi. Pada era dimana informasi sangat membludak, para audience memiliki keterbatasan waktu dan energi untuk memahami maupun membaca informasi yang disampaikan. Dengan banyaknya distraction atau pengalihan (pikirkan semua media sosial / game / berita online yang kredibilitasnya diragukan) saat ini consumer attention merupakan aset yang penting. Kita harus berusaha untuk berhasil mendapatkan perhatian dari target audience kita untuk mau memahami apa yang ingkin kita sampaikan. Bagaimana mereka mau memahami informasi yang kita sampaikan jika membaca saja mereka tidak mau? Infografis dengan kekuatan visual yang menarik akan mengurangi halangan tersebut.

Membuat infografis sendiri adalah percampuran antara skill desain, analisis informasi, dan storytelling. Ketiga komponen tersebut adalah kunci dari infografis yang maksimal.

Beberapa media di Indonesia pun mulai menyajikan berita dengan menggunakan infografis, diantaranya Datavisual yang dibuat oleh Kontan.co.id dan VIK ( Visual Interaktif Kompas ) yang dibuat oleh Kompas.com.

Ada beberapa jenis infografis yang bisa digunakan sesuai dengan tujuan yang berbeda-beda. Jenis infografis tersebut antara lain :

  1. Infografis Statis
    Infografis statis adalah infografis dalam bentuk gambar yang tidak bergerak. Seperti misalnya infografis pada media cetak ataupun website. Infografis ini adalah jenis infografis yang paling umum. Hampir semua infografis yang kami buat di awal adalah bentuk infografis statis

  2. Infografis Animasi
    Infografis animasi atau animated infographic adalah infografis dalam bentuk video animasi, baik 2 dimensi maupun 3 dimensi. Infografis ini dapat digunakan pada televisi ataupun media online seperti YouTube atau Vimeo. Infografis animasi dapat lebih menarik karena selain elemen visual juga menggunakan motion (pergerakan) dan audio (musik/sound effect) yang dapat memperkuat informasi/pesan yang ingin disampaikan.

  3. Infografis Interaktif
    Infografis interaktif adalah infografis yang ditampilkan pada website dan pengguna dapat berinteraksi dengan informasi yang ditampilkan melalui user interface yang telah di-desain. Dengan infografis interaktif pengguna dapat sesuai keinginan mengeksplorasi informasi yang ingin didapatkan. Pada pihak pembuat infografis pun dapat merancang tampilan agar informasi yang disampaikan seefektif mungkin sesuai perilaku user. Untuk membuat infografis interaktif diperlukan keahlian seperti desainer, illustrator, UI/UX desainer, dan programmer. pada infografis interaktif programmer/developer memiliki peran yang penting agar infografis yang sudah didesain dapat berfungsi dengan maksimal dan tanpa masalah.

Bagi sebagian orang infografis ini agak sulit diterapkan karena sedikit banyaknya memerlukan keahlian khusus seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Namun saat ini kita tak perlu khawatir lagi dengan masalah tersebut, karena sudah banyak Online Tools yang dapat digunakan untuk membuat infografis baik statis, animasi bahkan interaktif tanpa harus memiliki keahlian-keahlian khusus. Berikut beberapa Online Tools bisa kita gunakan dalam pembuatan infografis :

  1. Easel.ly
    Pada website ini anda akan diberikan kemudahan dalam membuat infografis hanya dengan beberapa klik saja. Terdapat banyak pilihan tema yang dapat kita gunakan. Easel.ly juga menyediakan beberapa tools dasar yang dapat digunakan secara gratis.

  2. Visualize.me
    Visualize.me sangat cocok bagi anda yang ingin membuat resume pribadi dalam bentuk infografis, agar penyajiannya menjadi lebih menarik dan mudah dipahami.

  3. Visme.co
    Visme.co memungkinkan anda untuk membuat presentasi interaktif, infografis, banner iklan, animasi, layout pelanggan, dan banyak lagi.

  4. PiktoChart.com
    Piktochart memiliki lebih dari 400 tema sepenuhnya disesuaikan dengan gambar retina-siap, objek, grafik, dan warna Anda dapat mengedit dan menyesuaikan sesuai dengan preferensi anda.
  5. Google Charts
    Ini merupakan salah satu tools yang powerfull khususnya dalam pengolahan data dan grafik chart. Tak diragukan lagi, tools yang dibuat oleh Google ini sangat membantu dalam membuat grafik, chart dan lainnya. Dan semua fasilitas yang tersedia di Google Chart dapat kita manfaatkan secara gratis

Itu tadi beberapa online tools yang dapat kita manfaatkan dalam membuat infografis yang dapat membantu kita dalam penyajian data agar terlihat lebih menarik, tidak membosankan dan juga mudah untuk dipahami. Namun jika anda masih ingin mencoba beberapa online tools lainnya silahkan mencoba yang lainnya seperti :

  1. Canva
  2. Infogr.am
  3. Venngage
  4. Dipity
  5. iCharts
  6. Infoactive.co
  7. Gliffy

Berikut salah satu contoh infografis sederhana yang saya buat menggunakan PiktoCharts untuk menyajikan data luas wilayah negara-negara ASEAN dan juga total populasinya :